Mengenal Lebih Jauh Tentang Kegiatan Pameran Baik Dalam Segi Fungsi, Karakteristik, Tujuan, Maupun Manfaat
Pernahkah Anda mendengar kata pameran? Atau pernahkah Anda melihat suatu pameran? Apakah pengertian pameran itu? Pameran adalah salah satu cara untuk menampilkan suatu produk kepada masyarakat umum. Pameran ini sendiri bertujuan baik untuk tujuan bertukar informasi maupun untuk negoisasi perdagangan. Pameran juga merupakan suatu kegiatan yang menyajikan berbagai karya seni rupa dari para seniman agar karya seni tersebut diapresiasi oleh banyak masyarakat. Pameran atau biasa disebut dengan eksibisi berasal dari bahasa asing yaitu “exhibition” yang mana memiliki arti suatu peragaan, pertunjukan, atau suatu tontonan.
Pengertian Pameran Menurut Para Ahli
Banyak para ahli yang mendefinisakan apa itu pameran. Lantas apa saja pengertian pameran menurut para ahli?
- Evelina Lidia
Evelina Lidia berpendapat bahwa pengertian pameran adalah suatu kegiatan yang bisa diadakan oleh suatu organisasi yang independent. Serta sifatnya terbuka untuk masyarakat umum.
- Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun
Frees E. Han dan Kenneth G. Mangun berpendapat bahwa pengertian pameran adalah suatu bentuk pemasaran yang sangat efektif yang mana digunakan untuk kampanye suatu produk tertentu, sosialisasi beberapa program perusahaan, dan juga menginformasikan keunggulan produk kepada masayarakat. Selain itu, pameran juga digunakan sebagai usaha untuk meningkatkan pangsa pasar.
- Isabel Briggs Myers
Kemudian Isabel Briggs Myers. Isabel Briggs Myers berpendapat bahwa pengertian pameran adalahsuatu kegiatan yang melibatkan ruangan dan menampilkan hasil karya seni oleh para seniman.Baik itu seni ukir, gambar, foto, lukisan, dan lain sebagainya.
- Adi Irwanto
Selanjutnya yaitu Adi Irwanto yang mana merupakan salah satu ahli dari Indonesia. Adi Irwanti mengatakan bahwa pengertian dari pemeran itu sendiri adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk memamerkan karya seni, baik itu karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi secara virtual.
- Frank William Jefkins
Terakhir yanitu Frank William Jefkins. Frank William Jefkins berpendapat bahwa pameran adalah suatu bentuk pemasaran yang mampu menyentuk seluruh panca indera banyak orang.
Karakteristik Dari Pameran
Dari semua definisi dari paha ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian pameran adalah bentuk aktivitas yang menyuguhkan karya seni ataupun produk tertentu untuk diinformasikan pada masyarakat, sehingga bisa diapresiasi dalam bentuk apapun oleh masyarakat. Sementara itu, aktivitas pameran sendiri mempunya berbagai karakteristik tertentu yang mana mampu membedakan pameran dengan kegiatan lain. Karakteristik tersebut diantaranya yakni:
- Pameran merupakan cara untuk menginformasikan sesuatu secara intuitif, kompleks, visual, dan juga jelas.
- Akan terjadi komunikasi secara dua arah di dalam aktivitas atau kegiatan pameran antara pihak penyelenggara dan juga pihak public atau masyarakat.
Tujuan Diadakannya Pameran
Pada dasarnya, tujuan diadakannya pameran itu sendiri yaitu untuk memamerkan atau menampilkan suatu karya seni atau produk dari para seniman atau pihak penyelenggara kepada masyarakat. Selain itu, juga untuk mendapatkan apresiasi dari masyarakat umum terkait karya seni atau produk yang ditampilkan di dalam pameran. Selain tujuan diatas, pameran juga masih memiliki banyak tujuan. Tujuan dari diadakannya pameran yang lainya yakni:
- Tujuan komersil
Tujuan komersil pameran ini berkaitan dengan adanya kegiatan yang daoat menghasilkan profit atau keuntungan terutama bagi para seniman maupun para penyelenggara pameran. Jadi, aktivitas atau kegiatan pameran yang bertujuan untuk komersial merupakan suatu kegiatan pameran yang mana memiliki tujuan agar setiap karya seni yang dipamerkan di dalam suatu pameran tersebut bisa dibeli oleh para pengunjung. Selain itu, setiap orang yang terlibat di dalam pameran baik itu penyelenggara maupun seniman juga bisa menjual karya seni atau produknya pada pengunjung atau konsumen yang tepat. Sehingga, para penyelenggara maupun seniman, nantinya bisa mendapatkan keuntungan dari harga karya seni yang dibeli oleh pengunjung.
- Tujuan sosial
Aktivitas atau kegiatan pameran yang dilakukan baik oleh pihak penyelenggara maupun seniman hanya bertujuan untuk kepentingan sosial semata. Artinya, hasil penjualan karya seni atau suatu produk maupun tiket penjualan pameran nantinya akan disumbangkan guna keperluan aktivitas sosial.
- Tujuan kemanusiaan
Aktivitas atau kegiatan yang dilakukan untuk tujuan kemanusiaan merupakan suatu bentuk kegiatan pameran yang dilakukan untuk kepentingan pembinaan, pelestarian, nilai dan juga mengembangkan hasil karya seni yang berkembang di mata masyarakat umum maupun oleh seniman lainnya. Selain itu, hasil penjualan karya seni atau produk yang dihasilkan pameran tersebut nantinya akan disumbangkan untuk kegiatan kemanusiaan, seperti panti asuhan korban bencana, dan kegiatan lainnya.
- Mengumpulkan informasi
Dengan diadakannya aktivitas atau kegiatan pameran sendiri, maka seluruh pihak yang terlibat baik itu penyelenggara maupun seniman berkesempatan untuk mengumpulkan dan juga mendapatkan informasi tren yang tengah berkembang atau yang sedang populer dalam suatu industri. Sehingga, setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan pameran tersebut akan mengerti mengenai industri yang menjadi bidang bisnis perusahaan.
Apa Saja Fungsi Dari Sebuah Pameran?
Dalam proses pelaksaan aktivitas atau kegiatan pameran itu sendiri terdapat beberapa fungsi yang bisa diperoleh oleh banyak pihak. Mulai dari masyarakat, penyelenggara, dan seniman. Nah, beberapa fungsi pameran tersebut diantaranya adalah:
- Pameran sebagai sarana edukasi
Pameran sebagai sarana edukasi yakni pameran tersebut dapat memberikan pendidikan dan melatih masyarakat umum dalam memahami arti dari keahlian rohani atau batin manusia. Lantas mengapa hal ini sangat bermanfaat? Hal ini dikarenakan aktivitas atau kegiatan pameran ini mampu menyeimbangkan kembali ingatan serta pandangan manusia terhadap lingkungan sekitar.
- Pameran sebagai sarana apresiasi
Pameran sebagai sarana apresiasai yakni pameran tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengunjung atau masyarakat akan memberikan apresiasi terhadap karya seni para senima.
- Pameran sebagai saran rekreasi
Pameran sebagai sarana rekreasi yakni pameran tersebut diadakan dengan tujuan sebagai media merileksasikan pikiran, melepaskan diri dari berbagai tekanan aktifitas sehari-hari, serta menghilangkan kejenuhan atas kegiatan sehari-hari, baik itu sekolah, pekerjaan, kampus, atau kegiatan lainnya yang mana banyak menguras energy dan pikiran.
- Pameran sebagai sarana prestasi
Pameran sebagai sarana prestasi yakni pameran tersebut berfungsi untuk membantu memacu para seniman atau menjadi ajang kompetisi bagi para senima. Hal ini dikarenakan melalui karya seni Anda akan tahu setinggi apa keatifan dan kreativitas para senima dalam membuat karya seninya.
Manfaat Pameran
Manfaat dari adanya kegiatan pameran sendiri yaitu sebagai salah satu sarana para seniman untu meningkatkan dan mengembangkan suatu karya seni atau produk yang para seniman buat. Oleh sebab itu para seniman memerlukan sebuah wadah atau tempat untuk pameran, seperti menggunakan sewa partisi pameran r8. Pameran juga bermanfaat sebagai sarana bagi masyarakat dalam meeningkatkan dan mengembangkan kemampuannya dalam memberikan penilaian atau apresiasi suatu karya seni yang telah dibuat oleh bara seniman. Namun, bukan hanya itu saja, dengan adanya kegiatan pameran diharapkan akan membantu para masyarakat untuk lebh mampu dalam memberikan evaluasi atau menilai secara objektif atas suatu karya seni yang masyarakat lihat. Selain itu, pameran juga bisa dijadikan sebagai sarana melatih masyarakat dalam merencanakan suatu kegiatan.